Harumnya Mangga Kweni

Kweni 3
Hasil petik tadi sore

Mangga yang satu ini sudah menjadi favorit saya sejak kecil. Namanya juga beragam tergantung daerah di Indonesia. Ada yang menyebutnya mangga macan, mangga wani, mangga wangi, mangga kweni, dan banyak lagi yang belum saya ketahui. Saya menggunakan istilah Kweni karena hampir di seluruh pusat perbelanjaan menggunakan nama tersebut. Mangga kweni memiliki aroma yang sangat menggoda karena wanginya bisa membuat kita sampai menelan air liur. Aroma wangi kweni akan tercium ketika buahnya telah mencapai kematangan sempurna. Hanya saja untuk mendapatkan buah dengan kematangan sempurna harus sedikit bersabar dan menunggu buahnya jatuh sendiri dari pohon. Jika buahnya dipetik saat mengkal dan diperam mungkin tidak seenak saat matang di pohon. Kesabaran menunggu kematangan buah kweni tentunya akan terbayar dengan nikmatnya rasa daging buahnya.

Kweni 1

Kweni 2
Ini dia sumbernya

Sore tadi saya diajak seorang teman untuk mengunjungi teman saya yang memiliki pohon mangga kweni di belakang indekosnya. Sebenarnya bukan milik pribadi melainkan milik tuan rumah indekos teman saya, tetapi beliau sangat berbaik hati membolehkan kami memanen buah mangganya. Beliau kelihatannya juga tidak terlalu menyukai mangga kweni atau mungkin sudah bosan setiap tahun panen mangga kweni yang lebat buahnya. Saat tiba di sana, saya langsung disambut dengan aroma wangi yang khas dari mangga kweni. Ternyata sudah ada sekeranjang penuh mangga kweni hasil pungutan sebelumnya. Sang pemilik yang kebetulan ada ikatan saudara dengan teman saya dengan berbaik hati menawarkannya kepada kami. Alhasil pulang dari sana saya dan teman saya diberi masing-masing sekantong penuh untuk dibawa ke rumah.

Senyum Gratisan
Senyuman orang yang dapat mangga gratis (hehehe)

Saat ini sambil menuliskan post ini, ruangan saya dipenuhi dengan aroma wangi dari mangga kweni. Saya masih harus bersabar untuk bisa menikmati daging buahnya karena buah kweni yang saya petik tadi sore akan matang sempurna setelah seminggu. Setidaknya melatih kesabaran untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Mungkin nanti harus menyiapkan nasi ketan untuk dimakan bersama mangga kweni seperti kebiasaan saya waktu masih kecil di Sulawesi Selatan. Sebagian dari kawan sekalian yang belum pernah mencoba akan menganggap aneh. Apa enaknya makan mangga kweni sama nasi ketan? Kalau saya akan mengatakan enak sekali. Sebagian besar orang di kampung saya juga menyantap mangga kweni dengan nasi ketan. Baiklah saatnya menunggu mangganya matang sempurna dan setelah itu mungkin saya bisa bagikan cerita nikmatnya menyantap mangga kweni dengan nasi ketan. Itupun kalau saya tidak lupa (hehehe).

3 thoughts on “Harumnya Mangga Kweni

  1. Assalamu’alaikum wr.wb. Terima kasih Bang, tulisan yg bermanfaat untuk mengingatkan kita dengan keragaman hayati yg dimiliki negeri ini. Kebetulan kami sedang meneliti tentang hama mangga kweni. Jika berkenan, mohon informasi lokasi pertanaman mangga kweni di atas. Terima kasih. Prabowo L. Bekasi.

    Like

    1. Wa’alaikum salam pak Prabowo L. di Bekasi
      Itu ditanam di halaman warga pak di wilayah Cigadung Bandung. Cuma satu pohon.

      Like

Leave a comment