[Resensi] 33 Pesan Nabi

Hadis Bukhari Muslim, InsyaAllah shahih, menjadi rujukan utama bagi kita yang ingin mempelajari Sabda dari Nabi Muhammad SAW. Sudah banyak sekali buku yang diterbitkan untuk membahas hadis Rasulullah yang dihimpun oleh Bukhari Muslim. Mulai dari yang pembahasan singkat hingga pada pembahasan yang sangat mendalam. Ukuran buku yang diterbitkan juga bervariasi mulai dari yang tebal hingga yang tipis karena dirilis dalam beberapa seri. Tentunya bahasa yang digunakan juga akan sangat berat jika dibaca oleh kalangan orang yang tidak terlalu tertarik dengan pembahasan hadis Bukhari Muslim. Padahal mempelajari hadis Rasulullah adalah wajib bagi setiap Muslim karena dasar yang kita gunakan dalam kehidupan ini hanya ada dua yaitu Al Quran dan Hadist. Permasalahannya sebenarnya sederhana tetapi kompleks karena kebanyakan dari kita tidak terlalu tertarik untuk membaca buku tebal yang penuh dengan kata-kata. Sebagian orang mungkin betah membaca buku tebal dan penuh kata-kata, tetapi sebagian pula tidak. Apalagi anak-anak yang seharusnya sejak dini diajarkan tentang Sabda Rasulullah supaya terbiasa dengan mengedepankan aturan agama dalam berpikir dan bertindak.

Permasalahan buku tebal didukung juga dengan harga yang relatif mahal untuk ukuran kantong pelajar dan mahasiswa. Saya mengatakan relatif karena urusan mahal tidaknya itu tergantung urgensi dan minat orang dalam membeli buku. Bagi saya sebuah buku seharga 150 ribu rupiah itu mahal karena saya bisa membeli banyak buku dengan kisaran harga 30-50 ribu rupiah. Bagi orang lain buku seharga 200 ribu mungkin murah. Itulah yang relatif. Nah kembali dengan buku tentang hadis, saya rasa masih mahal karena kisaran harga yang masih di atas 50 ribu rupiah. Saya maklumi juga karena buku pembahasan hadis memang mahal berdasarkan kualitas fisik buku dan kontennya. Apalagi pembahasan hadis yang komprehensif sampai ribuan halaman tentu mahal juga harganya. Tetapi hal ini sudah ada alternatif pilihan buku. Penerbit Zaytuna menerbitkan sebuah buku yang menarik sekali untuk mempelajari hadis Rasulullah. Judulnya 33 Pesan Nabi.

33-pesan-nabi-vol-3
Sumber gambar: parcel-buku.blogspot.com

Buku 33 Pesan Nabi ini terbit dalam beberapa edisi dan sampai saat ini baru 3 edisi. Penulisnya adalah vbi_djenggotten (nama aslinya Vebi). Jangan bayangkan ribuan kalimat yang akan memenuhi buku ini karena 33 Pesan Nabi adalah sebuah komik Hadis Bukhari-Muslim. Komik hadis? Bukankah komik buat anak kecil? Ya, pada awalnya juga saya berpikir seperti itu. Bahkan sang penulis juga berpikiran seperti itu pada awal menuliskan buku ini. Namun pada kenyataannya buku ini diminati semua kalangan usia. Bahkan menjadi National Bestseller. Buku ini menarik dan unik sekali karena setiap hadis dibahas dalam bentuk cerita bergambar. Kita tidak akan menemukan istilah rumit karena semua bahasa yang digunakan sangat familiar dengan kehidupan kita sehari-hari. Bahkan pembahasan hadis disesuaikan dengan realita kehidupan masyarakat Muslim di Indonesia. Saya sendiri lebih banyak tersenyum dan tertawa ketika membaca buku ini. Saya menertawakan diri sendiri yang seakan-akan terwakili pada gambar komik di buku ini.

Buku 33 Pesan Nabi menunjukkan bahwa dunia komik ternyata bisa menjadi sarana yang efektif untuk mengajarkan hal kompleks seperti hadis. Bahkan buku ini saya anggap dapat memberikan gambaran jelas tentang pesan Nabi dalam hadisnya. Sekalipun tidak komprehensif tetapi dapat dicerna dengan cepat karena visualisasinya yang bagus. Keberadaan buku ini juga telah menjadi tonggak munculnya beberapa komik bernuansa Islami yang mengajarkan dan memberikan pesan dengan cara menarik. Sebenarnya buku komik yang berisi pesan penting dan disajikan dengan humor satir telah banyak. Sebut saja Benny dan Mice, Tiga Manula, dan beberapa komik dengan tokoh pewayangan (sering terbit di koran nasional). Tetapi buku komik yang secara spesifik membahas tentang permasalahan umat Muslim belum ada. Kehadiran vbi_djenggotten telah memberikan warna terhadap komik berkualitas yang berkonten Islam. Setelah itu muncul juga buku komik Real Masjid. Bagi saya, buku ini wajib menjadi penghuni rak buku di rumah setiap Muslim di Indonesia. Bagi kawan yang belum membeli buku ini, silahkan dicari di toko buku kesayangan anda. Selamat Membaca.

Leave a comment