Budi Rahardjo dan Dedikasi Untuk Ilmu Pengetahuan

Siapa yang tidak mengenal sosok satu ini, Budi Rahardjo? Sosok yang sering muncul dalam seminar tentang keamanan informasi, kreatifitas teknologi, dan banyak lagi. Dosen rocker yang jago memainkan gitar. Beliau juga merupakan kontributor untuk majalah InfoLinux. Satu lagi, beliau sangat menyukai bermain futsal dan benar saja kami yang umurnya setengah dari beliau belum mampu mengalahkan stamina beliau. Nah, tulisan saat ini saya dedikasikan untuk bapak Budi Rahardjo.

Pak Budi merupakan salah satu sosok dosen favorit saya. Cara mengajar beliau yang humoris membuat saya menangkap pelajaran dengan mudah. Beliau juga sangat sabar dalam menjawab pertanyaan dari mahasiswa sekalipun pertanyaan yang berbelit-belit. Mungkin karena kebiasaan beliau dalam mengisi seminar-seminar teknologi. Satu hal yang menarik dari Pak Budi adalah beliau sangat berdedikasi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan. Beliau sering bercerita bagaimana beliau berurusan dengan permasalahan teknologi komputer di dunia industri. Beliau sering melakukan penelitian untuk menyelesaikan permasalahan tersebut. Beliau juga sosok yang tidak mementingkan pangkat maupun jabatan dalam mengemban tugas sebagai seorang pengajar. Buktinya beliau tidak terlalu memusingkan permasalahan dosen PNS atau tidak. Mengajar adalah hal yang paling penting bagi beliau. Selama beliau masih bisa menularkan ilmu ke mahasiswa, itu sudah cukup menyenangkan.

Pak Budi juga seorang blogger yang sangat rajin. Beliau merupakan inspirasi saya untuk mulai menulis blog. Beliau pernah mengatakan, bahwa tidak ada alasan untuk tidak menulis blog. Jika masalahnya adalah tema, tentu itu bukan masalah besar. Bahkan pak Budi membuat aplikasi sederhana untuk men-generate tema. Menarik sekali. Tulisan beliau juga sangat menarik karena banyak membahas permasalahan seputar kehidupan, bukan hanya teknologi. Beliau memiliki beberapa blog tetapi yang up-to-date adalah Padepokan Budi Rahardjo.

Pak Budi saat ini telah menginjak umur 51 tahun. Umur yang bisa dikatakan sangat matang. Banyak sekali sumbangsih yang telah beliau torehkan untuk kemajuan teknologi informasi. Terbukti dari hasil penelitian beliau yang banyak sekali. Pagi tadi saya dan rekan-rekan memberikan kejutan kepada beliau. Kami memberikan kejutan saat beliau sedang mengajar di Gedung PAU ITB. Ekspresi beliau sangat terkejut ketika kami muncul membaca kue ulang tahun berhias lilin dengan angka 15. Kami tau bahwa beliau berumur 51 tahun, tetapi angka 15 sebagai bentuk sense of humor kami. Ternyata pak Budi juga begitu semangat ketika melihat angka 15 tersebut.

SELAMAT ULANG TAHUN PAK BUDI RAHARDJO. SEMOGA ALLAH SWT SELALU MELIMPAHKAN KESEHATAN DAN KESEJAHTERAAN BUAT BAPAK SEKELUARGA. WE WISH YOU ALL THE BEST SIR

Berikut beberapa hasil foto yang saya abadikan.

Leave a comment