Rumitnya Menentukan Tema Tulisan

Writing_Quote_109

Sulit sekali untuk menentukan tema tulisan. Sekalipun saya sudah mengumpulkan puluhan tema yang akan dibahas menjadi tulisan pada blog, tetap saja saya bingung memilih mana yang akan ditulis. Terkadang puluhan tema yang saya tulis ini tidak dapat memancing otak saya untuk membuat kalimat pembukanya. Seperti kata teman saya, bahwa menulis itu seperti memukul gong. Pukulan pertama akan membahana dan pukulan berikutnya akan menjadi irama. Pukulan pertama ini sama seperti kalimat pertama pada tulisan dan pukulan berirama seperti kelanjutan kalimat setelah kalimat pertama. Saya akui ketika sudah mendapatkan kalimat pertama maka kalimat selanjutnya akan mengalir begitu saja. Sayangnya saya sering terjebak di kalimat pertama yang membuat tulisan tidak dapat mengalir apa adanya. Saya rasa kawan sekalian juga mengalami hal ini jika sedang memulai sebuah tulisan. Apalagi membuat tulisan yang mudah untuk dibaca dan dimengerti, sangat sulit tentunya.

Apa sebenarnya yang menghambat otak kita untuk membahas tema tertentu? Saya sendiri masih bingung untuk menjawab hal ini. Apakah mungkin karena kita terlalu banyak memilih? Atau mungkin juga takut jika tulisan kita tentang tema tertentu menjadi tidak menarik? Atau mungkin juga nanti tulisan kita justru tidak dibaca orang? Ah, sulit juga yah membahas tema tertentu. Mungkin saya harus melakukan riset tertentu untuk mencari tau bagaimana caranya agar mudah untuk menuliskan sebuah tema. Mungkin juga saya masih kurang melakukan eksplorasi lingkungan sekitar. Yah, setelah membaca beberapa tulisan saya di blog ini, ternyata hampir semua berasala dari pengamatan saya terhadap lingkungan sekitar. Ada juga tulisan yang membahas permasalahan yang sudah lama saya catat temanya.

Ide tulisan memang harus ditulis. Ide ini seperti hewan liar yang harus diikat agar tidak melarikan diri. Cara mengikat ide tentu dengan menulisnya entah dengan kata-kata kunci terlebih dulu atau langsung menuliskannya ke dalam sebuah bahasan panjang. Tulisan ini sebenarnya sebuah kebingungan untuk menentukan tema apa yang ingin saya bahas. Ternyata menjadi tema tersendiri untuk ditulis. Bahkan kebingungan saja bisa ditulis menjadi blog. Selanjutnya mungkin perlu generator tema seperti yang dilakukan Pak Budi Rahardjo dalam menentukan tema tulisan. Mungkin kawan sekalian punya cara untuk menangkap ide atau tema dengan mudah?

One thought on “Rumitnya Menentukan Tema Tulisan

Leave a comment